Jumat, 08 Juni 2012

Contoh Judul Seminar

Judul seminar         : Pembuatan Kerajinan Tangan Berbahan Eceng Gondok
Pembicara            : LalA
Moderator            : Indah Handayani
Hari tanggal            : Senin, 24 januari 2012
Tempat             : Senin, XI IPA UNGGUL, SMANSA
Waktu                : 12.30 - 14.00 WIB

PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN BERBAHAN
ECENG GONDOK

    Eceng gondok ( Eichhornia crassipes ) adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Selain dikenal dengan eceng gondok, dibeberapa daerah di Indonesia , eceng gondok empunyai nama lain seperti didaerah Palembang dikenal dengan nama kelipuk, di lampung dikenal dengan nama ringgak, di dayak ( Kalimantan ) dikenal dengan nama ilung ilung, di manado dikenal dengan nama tumpe.

    Bagi masyarakat disekitar pinggiran sungai, eceng gondok adalah tanaman parasit yang hanya mengotori sungai dan dapat meneyebabkan sungai menjafi tersumbat atau meluap karena aceng gondok terlalu banyak. Begitu pula dengan masyarakt disekitar piggiran danau yang menganggap eceng gondok yang banyak di danua adalah pengganggu yang menghalangi aktivitas mereka di danau tersebut.

    Kenyataan ini yang bisa menjadikan eceng gondok dianggap sebagai tanaman pengganggu, tetapi apabila kita jeli mencari peluang, maka tanaman eceng gondok sangat bermanfaat untuk memberikan peluang usaha sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Seiring dengan perkembangan iptek, bagian tumbuhan eceng gondok setelah dikeringkan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tas wanita yang cantik, kopor, keranjang, tatakan gelas, tikar, nampan, dan sebagai nya, malah belakangan ini banyak dimanfaatkan untuk industri mebel dan furniture, sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.
    Hingga saat ini sudah banyak daerah yang mampu mengembangkan kerajinan tangan dari eceng gondok yang mempesona untuk pembuatan barang - barang kerajinan, lebel, dan furniture. Antara lain di purbalingga, Jogjakarta, solo, cerebon, lampung, Surabaya dan bali. Bahkan sebagian barang-barang kerajinan tangan berbahan eceng gondok dengan model dan kualitas tertentu, banyak di export ke eropa dan amerika serikat yang semakin bermonat dengan barang-barang produksi dari bahan bahan alami ( back to nature)

    Pembuatan kerajinan tangan dari bahan eceng gondok ini dibutuhkan proses yang cukup lam. Eceng gondok terlebih dahulu dikeringkan sekitar 2 minggu, setelah eceng gondok mongering, lalu di bentuk kepangan pancang yang dilakukan warga dan kelompok perajin. Setelah berbentuk kepangan panjang, eceng-eceng tersebut di anyam menjadi barang yang diingginkan. Mulai dari pot bungan, tong sampah, box tissue, tas, topi, perlengkapan dapur, hingga furniture. Untuk lebih meningkatkan daya tarik pembeli, hasil anyaman tersebut ditambahkan cat pernis sehingga tampilnya lebih mengkilap dan menarik.

    Rata-rata kerajinan tangan ini dijual dipasaran dengan harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 5.000.000 tergantung dari bahan dan tingkat kesulitan anyaman



Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan karya kerajinan tangan dengan bahan eceng gondok :

1.    Pengumpul eceng gondok
2.    Pemisah pangkal tangkai
3.    Pengeringan pangkal tangkai
4.    Penguliran
5.    Pembentukan / penganyaman jadi karya seni ( tas, hiasan dinding, dompet, kursa, dll)

    Sudah saat nya kita mengenal dan mampu memanfaatkan bahan dari alam untuk seatu modal dan perubahan besar.


Penyusunan Rangkuman

    Dalam seminar yang berjudul “ pembuatan kerajinan tangan berbahan eceng gondok “ dengan pembicara                                             dapat kita ambil beberapa inti sari yang sangat penting dan dapat dilakukan dalam kehipan sehari-hari. Awalnya, eceng gondok merupakan tanaman atau jenis tumbuhan air mengapung hanya dipandang sebagai tanaman parasit saja. Padahal, jika kita dalam memanfaatkan nya tumbuhan ini dapat dijadikan peluang usaha dasar kerajinan tangan. Kini, banyak daerah mampu mengembangkan kerajinan tangan dari eceng gndok untuk mendapatkan hasil yang maksimal proses pembuatan kerajinan tangan inipun membutuhkan waktu yang cukup lama harga pemasaran berisar antara Rp50.000 hingga Rp5.000.000 tergantung model dan kesulitan menganyamnya. Adapun angkah-langkah pembuatan karya dimulai dari pengumpulan eceng gondok, pemisah dan pengeringan pangkal tangkai, penguliran, dan tahap air yaitu pembentukan / penganyaman menjadi bentuk karya seni yang diinginkan ternya, mengenal dan memanfaatkan bahan dari alam merupakan suatu modal dan perubahan besar




1.    Judul pembicaraan : pembuatan kerajinan tangan berbahan eceng gondok
2.    Pembicara           : Mutia Balkis       
3.    Pokok isi pembicaraan
1)    Eceng gondok merupakan salah satu jenis tumbuhan air mengapung dan di kenal di beberapa wilayah di Indonesia
2)    Eceng gondok sebagai tanaman parasit
3)    Peluang usaha sebagai bahan dasar kerajinan tangan
4)    Banyak daeah mampu mengembangkan kerajinan tangan dari eceng gondok
5)    Proses pembuatan kerajinan tangan membutuhkan waktu yang cukup lama
6)    Harga pemasaran rata-rata kerajinan tangan
7)    Langkah-langkah pembuatan karya
8)    Mengenal dan memanfaatkan bahan dari alam merupakan suatu modal dan perubahan besar.